Monday, October 31, 2011

Water :Facts to know, Fluids to Drink

Kenapa Air Begitu Penting. Air adalah zat yang paling berlimpah di dalam tubuh. Rata-rata orang dewasa yang sehat memilki kandungan air sekitar 60 persen. Bagaimanapun, jumlah air di dalam tubuh bergantung pada usia, jenis kelamin, dan jumlah jaringan lemak dan otot. Jaringan otot kira-kira mengandung 65 persen air, sementara jaringan lemak hanya mengandung sekitar 10 sampai 40 persen air. Laki-laki memiliki persentase masa otot lebih tinggi dan persentase jaringan lemak lebih rendah dibandingkan perempuan pada usia yang sama, sehingga laki-laki memiliki lebih banyak kandungan air di tubuh.
Air juga penting untuk memelihara keseimbangan cairan di dalam tubuh. Pemeliharaan distribusi keseimbangan semua cairan tubuh ini sangat krusial bagi kesehatan. Mineral yang penting dalam keseimbangan cairan disebut elektrolit, mencakup sodium, potasium, phosphate, magnesium, kalsium, dan klorida. Air dalam tubuh memiliki berbagai macam fungsi diantaranya adalah:
-       Air sebagai pelarut universal
-       Air sebagai media perpindahan zat
-       Air membantu menjaga temperatur tubuh
-       Air sebagai pelumas serta bantalan protektif misalnya pada air ketuban bayi dalam kandungan
Apakah yang dimaksud keseimbangan air dan bagaimana menjaganya?
Ketika jumlah air yang dikonsumsi oleh anda sebanding dengan yang dikeluarkan sehari-hari, berarti jumlah air berada dalam keadaan seimbang. Ketika air tubuh dalam keadaan  tidak seimbang-terlalu banyak atau terlau sedikit air dalam sistem tubuh-biasanya dapat menyebabkan terjadinya masalah kesehatan. Terdapat beberapa cara dan mekanisme untuk menjaga keseimbangan ini, diantaranya anda mendapatkan air melalui minuman dan makanan. Kebanyakan air diperoleh dari minuman, misalnya air kemasan, susu, jus dan soft drink. Selain itu air juga diperoleh dari makanan walaupun perbandinganya lebih sedikit daripada kandungan air pada minuman. Begitu juga pada makanan kering, seperti roti dan oatmeal menyediakan sedikit air. Sejumlah kecil air juga dapat diperoleh dari hasil selama proses metabolisme.
Anda mengeluarkan air melalui ginjal, usus besar, paru-paru, dan kulit anda. Aspek lain keseimbangan air adalah mengeluarkan kelebihan air, sehingga tubuh anda tidak mengadung banyak air. Normalnya tubuh mengeluarkan air sehari-hari melalui empat rute:
  • Melalui ginjal dalam bentuk urin
  • Melalui cairan usus dalam kotoran; air yang hilang melalui kotoran normalnya dalam jumlah kecil, kecuali anda sedang mengalami diare
  • Melalui air yang menguap ketika mengeluarkan napas
  • Melalui kulit ketika anda mengeluarkan produksi panas berlebih
Kehilangan air melalui penguapan ketika bernafas dan lewat kulit biasanya tanpa disadari, kehilangan ini disebut insensible water loss. Seseorang yang hidup dalam temperatur iklim tropis dan melakukan sedikit aktivitas fisik kehilangan air sekitar ½ sampai ¼ air sehari melalui insensible water loss. Hal ini jangan dikacaukan dengan berkeringat, yang berlangsung terus menerus. Jumlah air yang hilang selama berkeringat bervariasi dan bergantung pada banyak faktor ligkungan, seperti temperatur, kelembaban, angin, intensitas cahaya, dan pakaian yang dipakai, dan jumlah aktivitas fisik yang dikerjakan.
Kehilangan  terlalu banyak air dapat menyebabkan dehidrasi?
Dehidrasi adalah keadaan dimana tubuh mengandung sedikit air. Dehidrasi bisa diakibatkan karena tidak cukup minum atau dari kondisi yang menghasilkan kehilangan terlalu banyak air (dan sodium) dari tubuh, seperti diare, muntah, demam, dan menggunakan diuretik (zat yang dapat menyebabkan tubuh kehilangan air, seperti alkohol atau obat-obatan tertentu). Bila dehidrasi berlangsung lama, seseorang dapat mengalami kehilangan berat badan, pusing, bingung, gangguan kinerja aktivitas fisik, dan dalam situasi yang ekstrim dapat menyebabkan kematian. Mekanisme rasa haus memainkan peranan penting untuk menghindari dehidrasi. Rasa mulut yang kering yang membuat haus ketika anda dehidrasi dikarenakan peningkatan konsentrasi eklektrolit dalam darah. Sepanjang konsentrasi mineral meningkat, kekurangan air terjadi pada kelenjar saliva anda. Karena itu, mulut anda terasa kering. Selain mekanisme haus, otak anda juga bertindak cepat ketika terjadi perubahan konsentrasi elektrolit dalam darah dengan cara memerintahkan ginjal untuk mengeluarkan lebih sedikit air dari darah dalam bentuk urin. Mekanisme ini semua bekerja bersama untuk menjaga tubuh supaya tetap dalam keadaan seimbang. Selain mekanisme haus untuk mengukur hidrasi dapat pula dilakukan dengan cara melihat warna urin. Konsumsi terlalu banyak air dapat menyebabkan hiponatremia (kadar natrium dalam darah terlalu rendah). Simptom dari overhidrasi sama dengan dehidrasi.
Berapa banyak air yang diperlukan dan sumber apakah yang terbaik?
Jumlah air yang dibutuhkan tiap orang berbeda-beda bergantung pada faktor lingkungan, temperatur, diet, dan aktivitas fisik. Jumlah air yang direkomendasikan agar harus dikonsumsi sehari-hari adalah sebagai berikut:
  • Wanita sehat harus mengkonsumsi sekitar 12 cup cairan sehari, dimana 9 cup berasal dari minuman. (sisanya 3 cup berasal dari makanan)
  • Laki-laki sehat harus menkonsumsi  sekitar 16 cup air sehari, dimana 13 cup berasal dari minuman.
Orang yang sangat aktif memilki kebutuhan air lebih tinggi dikarenakan mereka lebih banyak kehilangan air melalui keringat. Baik air keran dan botol aman diminum, namun air yang paling baik adalah air keran dibandingkan air botol.

2 comments: